Mengatasi Masalah Umum Website Melalui Maintenance Rutin

masalah umum website

Apabila kamu mempunyai website, maka maintenance website kini menjadi kegiatan rutin yang harus dilakukan berkala. Tentu saja maintenance website menjadi kegiatan pemeliharaan pada suatu website agar berada dalam performa baik, update sekaligus terhindarkan dari beragam permasalahan umum.

Menjadi pemilik website tentunya kamu harus bisa menjalankan semuanya sendiri. Sebetulnya bisa juga kamu meminta bantuan pada agensi yang mampu hadirkan jasa pembuatan website.

Tips Atasi Masalah Umum Website Lewat Maintenance

Tentu saja kini sudah banyak yang merasa penasaran dengan cara mengatasi masalah umum website melalui maintenance. Jika kamu merasa penasaran sebaiknya menyimak ulasan berikut ini:

  1. Memeriksa hosting website

Pemeriksaan hosting website dilakukan tak lain supaya kecepatan websitenya tetap dalam kondisi stabil. Sebab beragam aktivitas dari pengunjung website bisa menjadikan CPU usage alami peningkatan bahkan masalah loading website juga semakin lambat.

Pemeriksaan pada kondisi hosting setidaknya dilakukan 3 hari sekali agar mampu memastikan kondisi CPU usage tetap aman. Kamu pun bisa mencoba meminta bantuan pada pihak penyedia hosting agar mampu memberitahukan saat penggunaan CPU usage berlebihan.

  • Membackup data website

Data website yang berada pada hosting sudah seharusnya di backup berkala agar mampu antisipasi kondisi force majure. Semisal saja serangan dari hacker maupun virus yang mampu mengancam keamanan websitenya.

Pastikan selalu backup data website minimalnya setiap seminggu sekali. Jika suatu ketika terjadi hal buruk pada website maka kamu masih mempunyai backupnya. Usahakan menyimpan file backup pada tempat terpisah dari data website. Tujuannya tak lain supaya mampu mengantisipasi apabila ada pihak yang berkeinginan menghapus data websitenya.

  • Memperhatikan serangan hacker

Hacker maupun virus bisa menyerang beragam website. Tidak ketinggalan pada website yang kamu miliki. Tentu saja serangan tersebut mampu merusak beragam aktivitas website. Apalagi pencurian data dari website.

Usahakan kamu mampu memperhatikan serangan virus ataupun hacker minimalnya sebulan sekali. Jadi kamu bisa pergunakan bantuan dari tools Google WebMaster. Tools tersebut mampu beritahu kamu mengenai beragam script yang kesannya berbahaya.

  • Mengevaluasi kinerja SEO

Berkat adanya teknik optimalisasi SEO maka sudah terbukti bisa tingkatkan trafik websitenya pada mesin pencari. Hanya saja memang optimalisasi tidak mampu dilakukan hanya sekali. Sebab kamu harus melakukan evaluasi kinerja SEO secara lebih bertahap ataupun berkelanjutan. Tujuannya tak lain supaya kinerja dari SEO bisa berjalan dengan baik sekaligus trafik website pun mampu alami peningkatan.

Sekarang ini proses evaluasi kinerja SEO bisa kamu lakukan dengan beragam cara. Adapun caranya yakni:

  • Pergunakan Google Analytics maupun Search Console agar mampu ketahui beragam hal tentang website.
  • Melakukan riset kata kunci.
  • Menganalisa performa dari kontennya.
  • Selalu update konten.

Sebagai pemilik website harus mampu mengatasi beragam permasalahan yang mungkin terjadi. Jangan sampai website jadi sepi pengunjung hanya karena terserang hacker.

Sebetulnya keuntungan mempunyai website ini yakni mampu sampaikan beragam informasi penting mengenai beragam informasi paling update baik terkait bisnis kamu maupun lainnya kepada para pengunjung website.

Apabila kamu semakin update informasi yang dibutuhkan maka mereka pun tentu saja bakalan sering mengunjungi website kamu. Inilah mengapa kamu harus mampu update konten pada website secara rutin. Jadi setiap harinya selalu ada penyegaran untuk kontennya. Sebetulnya tidak tersedia aturan mengenai waktu update yang terkesan jelas. Hanya saja idealnya memang paling lama 3 hari sekali dengan konten yang terbaru.

Itulah tadi sekilas ulasan mengenai cara mengatasi masalah umum website hanya dengan maintenance rutin. Jadi usahakan menerapkan hal di atas sebaik mungkin supaya kinerja website tetap terjaga.

RH Writers
WRITTEN BY

RH Writers

YUk!! Temukan Tips dan Ide Mnarik bersama #RHWriters.

Tinggalkan Balasan