Apakah Dedicated Server Aman? Ikuti Beragam Tips Berikut Ini!

dedicated server

Tidak bisa dipungkiri lagi jika sekarang keamanan server menjadi sebuah isu sensitif untuk para pemilik website. Menentukan pilihan pada server yang tepat seakan menjadi keputusan penting yang perlu dilakukan dengan cermat dan tentunya teliti. Lantas akankah layanan dari dedicated server aman?

Pastinya pertanyaan seperti ini seringkali kamu temukan. Namun anda belum paham betul akan jawabannya. Bagaimana pun juga keamanan server juga berpengaruh terhadap perkembangan website kita sendiri. Jadi ada baiknya menentukan pilihan yang tepat untuk layanan berkualitas.

Pengertian dedicated server

Mungkin banyak pula yang masih belum mengerti akan pengertiannya. Dedicated server merupakan salah satu layanan penyewaan tentang server fisik yang mampu dipergunakan oleh satu pengguna. Jadi anda nantinya bakalan memperoleh full akses menuju server tanpa dibagi dengan pengguna yang lainnya.

Hanya dengan mempergunakan server tersebut, maka anda bisa dengan mudah peroleh kendali penuh pada servernya. Penyewa pun kini mampu melakukan optimasi pada semua resource dari server agar mampu penuhi kebutuhan websote tanpa harus membaginya dengan pengguna yang lain.

Dedicated server ini memang paling cocok dipergunakan untuk penuhi kebutuhan website yang kini sudah mempunyai resource besar bahkan juga mempunyai banyak pengunjung.

Akankah dedicated servernya aman?

Dedicated server ini sebetulnya paling cocok untuk anda yang berkeinginan memastikan jika semua data dalam websitenya sudah aman. Bukan hanya sebatas tentang kebutuhan resource yang terbilang besar namun layanan tersebut lebih kepada keamanan data.

Hanya dengan mempunyai server ekslusif tentunya tidak akan ada orang yang mampu mengakses semua datanya pada websitenya terkecuali tim internal. Sehingga server pun bisa dipastikan terbilang lebih aman bahkan nantinya semakin mudah untuk dikontrol.

Tips terbaik supaya dedicated server aman

Bagaimana pun juga keamanan merupakan aset paling berharga dalam sebuah website. Entah itu website milik client maupun pribadi. Meskipun dedicated server terbilang aman, anda pun tidak diperbolehkan lengah bahkan melakukan tindakan bodoh yang membuat keamanan semakin rentan.

Kali ini sudah tersedia beragam tips terbaik yang bisa dilakukan supaya layanan dedicated servernya semakin aman. Supaya lebih jelas sebaiknya menyimak ulasan berikut ini:

  1. Install Security Update dan Patch

Aplikasi yang terbilang kadaluarsa ternyata mampu menjadi salah satu jalan dari masuknya malware menuju server. Update mempunyai fungsi menyempurnakannya pada versi sebelumnya dari beragam kekurangan yang ada.

Kini masih banyak sekali software developer yang mampu terapkan update rutin untuk setiap produknya. Jadi hal tersebut dilakukan supaya terus up to date dengan semua kondisi yang ada.

  • Rutin lakukan scan malware

Banyaknya virus, malware, trojan, worm maupun sejenisnya kini mampu masuk dalam server anda di setiap waktu. Jadi alangkah baiknya anda lakukan scanning rutin pada servernya setiap beberapa minggunya.

  • Mempergunakan DDoS Protection

DDoS merupakan salah satu dari kejahatan fiber yang bekerja hanya dengan mengirimkan lalu lintas besar jadi mampu menjadikan servernya semakin down. Alangkah baiknya anda hindarkan serangan DdoS ini hanya dengan aktifkan layanan DdoS protection.

  • Menggunakan koneksi paling aman

Agar dedicated server aman sebaiknya anda hindarkan penggunaan koneksi publik ataupun wifi umum jika ingin mengakses servernya. Tujuannya tak lain supaya username bahkan password untuk login nantinya tidak terekspos hacker.

  • Pergunakan password lebih kuat

Password yang terbilang kuat merupakan hasil kombinasi angka, huruf, simbol, karakter bahkan juga kapitalnya. Ada baiknya menyimpan password sebaik mungkin supaya anda tidak kelupaan ketika melakukan login.

  • Menggunakan dedicated server yang terbaik

Selain itu sebaiknya anda pergunakan layanan dedicated server terbaik dengan uptime server sekaligus layanan support terbaik. Mereka bahkan mempunyai rekomendasi akan penyedia layanan server dedicate server terbaik.

Itulah tadi penjelasan terkait keamanan dedicated server dan bagaimana cara menjaga keamanannya. Semoga informasi tersebut membuat pemilik website lebih berhati-hati saat memilih server.

RH Writers
WRITTEN BY

RH Writers

YUk!! Temukan Tips dan Ide Mnarik bersama #RHWriters.

Tinggalkan Balasan