Pentingnya VPS Untuk Website Kamu Wajib Tahu!!

Pentingnya VPS Untuk Website Kamu Wajib Tahu!!

Pentingnya VPS untuk website merupakan sebuah jawaban untuk website yang memerlukan kapasitas besar, dengan jumlah kunjungan yang banyak.

Jenis server satu ini, menjadi jawaban dari kebutuhan “ruang” server yang luas untuk usaha dan bisnis yang tengah di jalani.

Tapi tunggu dulu, sebelum kita lebih jauh membahas mengenai VPS, dan apa yang menjadikan server ini seharusnya menjadi pilihan bagi bisnis dan perusahaan besar, lebih dulu kita wajib membahas mengenai kelebihan, kekurangan, serta apa itu VPS.

Untuk sebuah perusahaan besar, yang di butuhkan bukan hanya sekedar resource atau taktik dan strategi marketing handal untuk mengundang lebih banyak orang berkunjung ke website Anda. Ada sebuah kebutuhan penting lain yang harus di perhatikan, yakni server.

Berbicara mengenai server, secara garis besar terdapat tiga jenis server dan hosting yang paling umum di gunakan. Yang pertama, Shared Hosting, kemudian ada Dedicated Server, dan terakhir, Virtual Private Server atau VPS.

Keunggulan VPS Yang Harus di Ketahui

Pengertian paling mudah dan mendasar dari jenis server ini adalah server yang berada di antara Shared Hosting serta Dedicated Server. Mulai dari fitur yang fleksibel, scalable, hingga ekonomis dari segi harga.

Ada beberapa fitur, yang merupakan keunggulan dari shared hosting yang bisa di dapatkan dari VPS. Serta ada beberapa keunggulan dari Dedicated Server, yang bisa di temukan pada server ini pula.

Pentingnya VPS untuk website, Anda akan mendapatkan RAM dan kapasitas disk sendiri. Yang menjadikan performa pada server satu ini jauh lebih baik daripada menggunakan shared hosting.

Di sisi lain, server ini masih menggunakan processing capacity atau CPU yang sama dengan website lain. Ini tentu saja menjadi kekurangan tersendiri bila website Anda konsisten dan terus mendapatkan traffic yang tinggi.

Namun bila tidak, hal tersebut tak akan begitu menjadi masalah karena kecepatan performa akan lebih bergantung pada RAM dan disk dari server.

Ini yang akhirnya menjadikan VPS paling tepat di gunakan untuk perusahaan besar yang belum siap menggunakan Dedicated Server, namun sudah seharusnya jauh meninggalkan shared hosting.

Untuk mengetahui lebih jauh, intip Server SSD dari Rumahhost  dan nikmati free trial-nya selama 30 hari.

Kekurangan VPS

Kekurangan dari penggunaan VPS, di bandingkan dengan penggunaan Shared Hosting tentu adalah harga yang lebih mahal. Meskipun bila di bandingkan dengan Dedicated Server, harga yang dibanderol VPS tentu lebih murah.

Kapasitas VPS memang pada akhirnya tergantung dari masing-masing provider penyedia jasa. Ada beberapa provider yang akan menyediakan VPS dengan kapasitas besar. Dan ada pula beberapa provider yang menyediakan kapasitas yang hanya secukupnya saja.

Kapasitas VPS yang berbeda-beda ini memang tak lain karena VPS atau virtual private service ini masih bergantung pada kapasitas CPU dari server yang di miliki oleh provider.

Hal ini tentu saja berbeda dengan jenis Dedicated Server yang mana semua kapasitas akan menjadi milik satu pengguna dan bebas digunakan.

Pada VPS, meski sudah memiliki kapasitas RAM dan disk masing-masing, CPU yang digunakan pentingnya VPS untuk website masih harus berbagi dengan pengguna lain. Karena itu mengapa masing-masing provider memiliki kapasitas berbeda.

Kekurangan lain dari VPS adalah dari jenis layanan provider. Pasalnya tak semua provider memberikan layanan customer service pada pengguna VPS sama seperti pengguna Shared Hosting.

Namun tetap mendapat beberapa tingkatan layanan service bila di bandingkan dengan pengguna layanan Dedicated Server.

Tinggalkan Balasan