Bagaimana Mengatasi Masalah Keamanan di Server Website Anda Dengan Firewall dan Antivirus

masalah keamanan di server website

Tanpa disadari ternyata ancaman pada keamanan jaringan seringkali mengintai perangkat kita. Jadi semua jaringan komputer pun bisa terkena ancaman dari serangan siber berbahaya. Apalagi dunia maya penuh dengan bahaya yang mampu mengancam keselamatan jaringan komputer.

Ada banyak sekali bentuk bahaya siber yang mampu mengancam keamanan jaringan sekaligus bisa juga membahayakan penggunanya. Inilah mengapa keamanan jaringan internet memang harus ditingkatkan.

Bentuk ancaman keamanan pada website pun semakin beragam. Jadi anda sebagai pemilik website seharusnya lebih berhati-hati sekaligus mampu meningkatkan keamanannya sebaik mungkin.

Cara atasi masalah keamanan pada server website

Beragam cara tentu saja bisa dilakukan agar mampu memberikan perlindungan pada website sekaligus perangkat yang anda pergunakan. Dimana salah satunya hanya dengan membeli program antivirus agar terhindarkan dari ancaman virus maupun trojan. Anda pun bisa mempergunakan program anti malware yang mampu berikan perlindungan dari pelacakan bahkan spyware.

Pemakaian firewall sekarang ini menjadi alternatif terbaik agar mampu atasi serangan dari siber serta pelacakan lokasi anda. Sebagai user seharusnya anda mampu tingkatkan keamanan pada website yang telah dimiliki.

Usahakan untuk lebih bijak dalam penggunaan media online. Pelaku sangat suka dengan user lemah atau belum paham tentang dampak kejahatan siber. Supaya anda kini mampu mengatasi masalah keamanan pada server website. Ada baiknya menyimak beragam cara di bawah ini:

  • Menggunakan antivirus terpercaya

Usahakan anda sudah menginstall aplikasi antivirus pada perangkat yang kini dipergunakan. Jangan sampai lupa juga lakukan update rutin dari database antiviru sekaligus program antivirusnya.

Apabila anda tidak ingin membeli perangkat lunaknya tentu saja anda bisa mempergunakan versi yang gratis. Tetapi anda pun tetap harus memastikan antivirusnya mempunyai reputasi. Dimana keamanan internet benar mampu terjaga dengan baik.

Pemasangan antivirus ini memang berguna untuk antisipasi serangan virus yang sudah masuk melalui media apa saja. Bukan hanya itu saja namun memang antimalware juga dibutuhkan sebab penyusup bisa saja menyisipkan malware yang lebih berbahaya.

  • Pergunakan fitur firewall

Ternyata anda kini juga perlu mempergunakan fitur perlindungan firewall pada perangkat. Tujuannya tak lain agar mampu mencegah peretasnya masuk dalam sistem perangkat anda. Terlebih kini anda bisa juga menjaga keamanan internetnya.

  • Enkripsi data pentingnya

Usahakan mempergunakan perangkat lunak yang memiliki fitur enkripsi. Jadi seluruh data penting yang bersifat rahasia akan tetap aman. Jika perangkat anda berhasil diretas setidaknya pelaku butuh waktu agar mampu lakukan dekripsi semua file yang sudah anda ekripsi tadi.

  • Mewaspadai situs web

Sudah seharusnya anda lebih waspada lagi akan situs web yang meminta soal nama lengkap, rekening bank atau lainnya. Meskipun tidak semua situs web itu berbahaya tetapi informasi pribadi hanya dipergunakan dalam situs web tertentu saja.

  • Menghindari scam

Aktivitas scammer tujuannya tak lain hanya untuk peroleh informasi terkait data pribadi kita. Jadi anda sebaiknya lebih berhati-hati dan memilih menghindari scam. Semisal saja ketika anda menerima sms tentang keberhasilan sebagai pemenang undian.

Usahakan informasi yang anda peroleh tersebut benar valid. Usahakan juga tertera nama seperti layanan sms banking yang tertera pada nama bank. Namun jangan sampai klink link yang berada dalam sms ataupun email. Usahakan lakukan konfirmasi terlebih dulu pada pihak bank.

Sekilas informasi menarik tentang cara mengatasi permasalahan keamanan pada server website anda. Jadi kini anda bisa pergunakan antivirus maupun firewall untuk meningkatkan keamanannya. Selain itu anda pun bisa juga menerapkan cara yang lainnya.

RH Writers
WRITTEN BY

RH Writers

YUk!! Temukan Tips dan Ide Mnarik bersama #RHWriters.

Tinggalkan Balasan