Apa Itu Apache: Pengertian, Cara Kerja hingga Kelebihan dan Kekurangannya

apa itu apache

Apa itu Apache bisa dijelaskan sebagai suatu software server yang memungkinkan sebuah website bisa menjadi online atau ditemukan oleh para pengguna internet. Seperti yang kita tahu bahwa file server, database server, mail server maupun web server menggunakan software server yang berbeda-beda. Nah, di antara sekian banyak software, Apache terkenal sebagai salah satu yang paling direkomendasikan hingga tak salah jika kemudian membuat Anda penasaran 

Apa Itu Apache dan Apa yang Membuatnya begitu Populer?

Secara sederhana, Apache adalah sebuah software web server yang menghubungkan antara server dengan user. Dengan kata lain, software yang memiliki nama resmi Apache HTTP Server adalah salah dari sekian perangkat lunak untuk keperluan web server. Gunanya, tentu untuk membuat suatu website atau layanan dapat diakses oleh para pengguna internet.

Apache menjadi salah satu software web server tertua (lebih dari 20 tahun) dan bisa dikatakan sebagai satu yang terbaik. Perangkat lunak yang rilis kali pertamanya tahun 1995 ini dikelola dan dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Kepopuleran software ini terbukti dari sejumlah nama besar yang menggunakannya seperti Facebook, Salesforce, General Electric, Cisco, IBM, Adobe, VMware, Facebook, Xerox, LinkedIn, Hewlett-Packard, eBay, AT&T, Siemens dan sebagainya.

Apache bersifat open source dan dapat digunakan secara gratis. Ia juga dapat bekerja lintas platform, sehingga dapat dijalankan pada server Unix maupun Windows. Berbagai kelebihannya membuat Apache dipilih sebagai platform oleh sedikitnya 33% website di dunia.

Apabila Anda penasaran apa yang membuatnya menjadi aplikasi web server paling populer, silakan simak penjelasan cara kerjanya berikut ini:

Perlu diingat bahwa Apache bukanlah server fisik, melainkan suatu software untuk menjalankan server yang memungkinkan terjadinya koneksi antara server dengan aplikasi browser yang digunakan pengunjung website. Selain itu, aplikasi web server ini juga mengirimkan file antara klien dengan server.

Ketika ada pengguna internet yang ingin melihat halaman di website, maka aplikasi browser yang ia gunakan akan mengirimkan permintaan (request) ke server. Setelah permintaan tersebut dikenali, Apache kemudian mengirim jawabannya kembali dengan cara memuat data yang diminta, seperti teks, gambar dan konten lain.

Dalam hal ini, antara server dengan klien tersebut berkomunikasi menggunakan protokol HTTP. Berguna untuk memastikan kelancaran serta keamanan komunikasi tersebut. Jadi, Apache tak hanya bekerja untuk menerima dan menampilkan konten website ke aplikasi browser pengguna saja, tetapi juga memastikan komunikasi tersebut berjalan optimal dan aman.

Untuk dapat menjalankan fungsinya tersebut, Apache menggunakan struktur berbasis modul yang sekaligus juga membuatnya lebih mudah dikelola. Modul tersebut memungkinkan pengelola server dalam menambah dan mengurangi fungsi atau fitur tambahan. Beberapa modul yang ditawarkan Apache diantaranya modul keamanan, caching, URL rewriting, otentikasi password dan sebagainya.

Beberapa modul di Apache Web Server yang sering diandalkan untuk menambah fungsionalitas seperti halnya MPM untuk menangani mode multi-processing, mod_ssl yang digunakan untuk menangani koneksi SSL maupun TLS. Sedangkan fitur yang ada seperti halnya dukungan .htaccess, SSL, HTTP/2, Lua, PHP, Perl, IPv6, FTP, bandwidth throttling, WebDAV, Load balancing dan lain-lain.

Nah, apabila Anda juga ingin menggunakan web server ini, berikut ini beberapa poin kelebihan dan kekurangan Apache yang bisa jadi pertimbangan Anda:

Kelebihan pada Apache Web Server:

  • Open-source, cross-platform (server Unix/ Windows) dan gratis, untuk kebutuhan komersial sekalipun
  • Memiliki keandal dan stabilitas yang baik
  • Terus dikembangkan dengan patch keamanan yang terus diperbarui seiring waktu
  • Fleksibitas yang baik dari struktur berbasis modul yang diterapkannya
  • Ramah pemula dengan konfigurasi yang mudah
  • Mendukung situs WordPress
  • Memiliki dukungan komunitas yang terbilang besar  

Kekurangan pada Apache Web Server:

  • Ada potensi gangguan saat website mengalami lonjakan traffic signifikan
  • Konfigurasi yang melimpah justru bisa membuka peluang kerentanan atau celah keamanan

Kesimpulan

Demikian penjelasan apa itu Apache hingga beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa jadi pertimbangan saat Anda ingin menggunakannya. Bagaimanapun, Apache ini menjadi aplikasi web server paliing populer saat ini meskipun makin banyak kompetitor berdatangan. Terbukti dari banyaknya bisnis besar dan kecil yang memilihnya.

RH Writers
WRITTEN BY

RH Writers

YUk!! Temukan Tips dan Ide Mnarik bersama #RHWriters.

Tinggalkan Balasan