Web Server Buat Apa? Simak Penjelasannya di Sini

web server buat apa

Anda termasuk orang yang mempertanyakan web server buat apa saja? Ini adalah pertanyaan yang wajar, terlebih apabila Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli dan berlangganan paket web hosting. Sederhananya, Web server berguna untuk membuat website, aplikasi atau layanan dapat diakses secara online sekaligus memastikan proses yang digunakan berjalan secara optimal.

Web Server Buat Apa, Apakah Sekedar Membuat Website Bisa Online?

Kebutuhan akan web server bisa dikatakan semakin meningkat seiring semakin tingginya kesadaran orang untuk memperhatikan kehadiran online mereka. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya pihak yang membutuhkan layanan ini. Sebut saja seperti para pemilik bisnis, perusahaan, startup, para profesional seperti web developer hingga organisasi nirlaba seperti lembaga kesehatan, lembaga pendidikan maupun lembaga pemerintah.

Hal ini karena web server memiliki fungsi krusial untuk memastikan kehadiran online tersebut. Sangat berguna untuk menyimpan, memproses serta mengirimkan konten atau file dari sebuah website ke aplikasi browser. Tanpa layanan server ini, website hanyalah berupa sejumlah file ditaruh di komputer dan tidak bisa dilihat pengguna di internet.

Tak hanya itu, web server juga melakukan pemeriksaan keamanan, mencari file, melakukan filtering, pengiriman dan tugas lainnya. Dapat berguna untuk memastikan berbagai modul web  dapat dipergunakan, membersihkan ruang penyimpanan, cache maupun dari modul yang tak lagi terpakai. Lebih jauh, server ini juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna atas sebuah website atau layanan dari beberapa aspek berikut:

Interaksi

Web server memungkinkan pengguna untuk dapat terhubung dengan pihak penyedia layanan hosting. Dalam hal ini, apabila Anda sebagai pemilik website bisa mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengelola website mereka.

Konfigurasi

Web server juga memungkinkan pemilik website dapat melakukan analisis sistem operasi maupun traffic website mereka. Penyedia layanan hosting pun bisa memberikan layanan sesuai konfigurasi yang dibutuhkan oleh pemilik website yang jadi kliennya. Hal ini ditawarkan melalui fitur log file yang ada dalam server ini.

Keamanan 

Web server menggunakan protokol keamanan yang terbilang efektif dalam menekan celah kerentanan sekaligus mengamankan website. Seperti yang diketahui, serangan seperti malware dan serangan cyber lainnya sering kali menyerang website.

Dukungan Download

Penggunaan web server akan memungkinkan website menyediakan link download dengan keandalan yang lebih baik. Hal ini karena memudahkan pemilik website karena terbebas dari bandwidth limit. Sementara pemilik website bisa lebih mudah memantau kinerja dan kecepatan website.

Uptime dan Performa Optimal

Web server memungkinkan pengelola website untuk melakukan pemeliharaan hardware dan software dengan lebih baik. Hal ini kemudian dapat memberikan dampak positif dalam memastikan uptime dan kinerja website selalu dalam kondisi terbaik.

Sharing Resource

Karena web server ini berbeda dari shared hosting, maka website akan lebih maksimal dalam mengelola resource. Saat ada request baru, tidak perlu berbagi sumber daya sehingga kinerjanya tetap optimal. Sumber daya yang dimaksud meliputi hard drive, bandwidth maupun prosesor.

Tersedia dalam Berbagai Pilihan Paket

Layanan web server ditawarkan dalam pilihan paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pemilik website. Tak hanya itu, pemilik website masih bisa mendapatkan sumber daya tambahan seperti penyimpanan ataupun bandwidth apabila memang sudah dibutuhkan.

Fleksibilitas Lebih

Menggunakan layanan hosting melalui web server bisa dikatakan lebih fleksibel apabila dibandingkan opsi cluster hosting. Hal ini utamanya lebih terasa apabila website menggunakan dedicated server untuk mendapatkan kinerja tinggi.

Efisiensi Lebih

Lebih jauh, pemilik website juga tidak perlu berurusan dengan pengelolaan dan pemeliharaan seperti pada kasus dedicated server. Dalam hal ini, pengguna cukup memilih paket sesuai jumlah resource server yang dibutuhkan oleh website atau aplikasinya saja.

Kesimpulan

Jadi sudah lebih memahami web server buat apa saja, bukan? Jadi, tak hanya untuk mengonlinekan website atau aplikasi saja, anda juga bisa memastikan mekanisme mengonlinekan dan kinerjanya selalu dalam kondisi yang optimal. Tak hanya itu, web server juga mampu menjanjikan efektifitas dan efisiensi yang juga layak untuk dipertimbangkan para developer.

RH Writers
WRITTEN BY

RH Writers

YUk!! Temukan Tips dan Ide Mnarik bersama #RHWriters.

Tinggalkan Balasan