Lengkap! Ini Cara Kerja Colocation Server & Rekomendasinya

cara kerja colocation server

Bagaimana cara kerja Colocation Server mungkin menjadi salah satu informasi yang perlu diketahui oleh para pengelola bisnis yang semakin berkembang. Bagaimana tidak? Opsi server jenis ini menawarkan kinerja yang lebih baik dibanding shared hosting dengan beberapa pos biaya yang dapat ditekan.

Anda pastinya sudah paham bagaimana pentingnya suatu server bagi perusahaan bukan? Nah, apabila bisnis Anda semakin meningkat, maka shared hosting yang digunakan saat ini mungkin sudah tak sanggup lagi memberikan kinerja sesuai harapan. Sehingga, colocation server mungkin menjadi pertimbangan Anda berikutnya.

Bagaimana Cara Kerja Colocation Server dan Provider Rekomendasi

Colocation adalah perusahaan yang menyediakan jasa sewa tempat untuk menaruh perangkat keras server. Ya, untuk menampung perangkat keras server, CPU setidaknya, memang diperlukan ruangan khusus dengan peralatan canggih dan perawatan rutin oleh tenaga khusus demi memastikan kinerja data center perusahaan Anda selalu optimal. Menggunakan colocation server, membebaskan perusahaan dari beban semacam ini.

Colocation server juga bisa diartikan sebagai suatu perusahaan yang menyediakan jasa sewa penitipan server fisik milik penyewa. Dengan kata lain, penyewa jasa ini mempercayakan keamanan dan pemeliharaan hardware server kepada perusahaan penyedia layanan colocation server.

Untuk bisa memberikan layanan tersebut, maka biasanya perusahaan colocation server akan menyediakan fasilitas dengan standarisasi tertentu kepada client. Fasilitas ini bisa berupa fisik maupun non-fisik, mulai dari bangunan atau ruangan khusus dilengkapi rak, kabinet, cooling system, power source, bandwith (koneksi internet), sistem keamanan (cctv) dan sebagainya.

Nah, agar Anda dapat memiliki gambaran lebih rinci tentang colocation server ini, silakan simak bagaimana cara kerjanya berikut ini:

Untuk memberikan layanan colocation server, perusahaan penyedia jasa akan menyediakan insfrastruktur yang diperlukan. Termasuk memastikan bahwa lingkungan server memungkinkan perusahaan untuk bekerja dengan kemampuan penuh. Selain itu, perusahaan juga akan menerapkan berbagai standar yang diperlukan untuk memastikan operasional server milik klien tidak terganggu.

Setelah sepakat, pihak klien kemudian memindahkan hardware server mereka ke tempat colocation server. Kemudian, klien juga bisa melakukan berbagai konfigurasi yang diperlukan agar servernya bekerja. Dalam hal ini, perusahaan penyedia jasa tidak akan melakukan kontak fisik apapun kecuali diminta secara khusus oleh klien.

Apabila konfigurasi selesai, klien pun bisa mulai mempercayakan hardware server tersebut kepada perusahaan jasa. Provider colocation tersebut akan memastikan hal terkait pengelolaan lingkungan, seperti pendinginan, catu daya yang andal, keamanan di lokasi dan perlindungan atas potensi kerugian atas bencana alam. Klien pun bisa lebih fokus pada bisnis maupun aktivitas lain mereka.

Meskipun terkesan sederhana saja, nyatanya layanan colocation server ini terbagi ke dalam 2 kategori sebagai berikut:

  • Unmanaged Colocation Server: layanan yang lebih murah dimana klien tetap bertanggung jawab penuh atas server, meliputi proses monitoring, maintenance, backup dan sebagainya
  • Managed Colocation Server: layanan yang lebih mahal namun proses seperti monitoring, maintenance, backup dan lainnya ditangani penyedia layanan

Lantas mana saja perusahaan penyedia jasa colocation service yang direkomendasikan? Ya, ada banyak colocation server di Indonesia yang masing-masing menjanjikan kinerja terbaik dengan biaya yang layak dipertimbangkan. Berikut ini di antaranya:

  • DCI Indonesia (data center teknologi Tier IV)
  • NeuCentrIX – Indonet (Digital EDGE)
  • Telkomsigma (Telkom) (teknologi Tier III dan Tier IV)
  • MLPT (Multipolar Technology)
  • Bumi Serpong Damai (BSDE)
  • AWS (Amazon Web Services)
  • INAP (Jepang)

Kesimpulan

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja colocation server di atas dan beberapa penyedia layanan rekomendasi, kini Anda sudah lebih siap untuk melangkah lebih jauh. Menggunakan layanan ini, perusahaan Anda tak perlu lagi mengeluarkan anggaran untuk membangun ruangan server dan mempekerjakan tenaga ahli dalam pengelolaan dan perawatannya. Ini karena colocation server menyediakan pengelolaan, pemeliharaan dan keamanan tingkat tinggi dengan biaya yang masuk akal.

RH Writers
WRITTEN BY

RH Writers

YUk!! Temukan Tips dan Ide Mnarik bersama #RHWriters.

Tinggalkan Balasan